Kegiatan Tahunan Desa

Terdapat 4 kegiatan wajib tahunan  yang dilakukan oleh masyarakat di Desa Selobanteng, diantaranya :

1. Selamatan Empak Padduh

Selamatan EMPAK PADDUH (empat pojok) ini dilaksanakan setahun sekali paa bulan maulid menjelang akan dilaksanakannya selamatan Desa Selobanteng.  Kegiatan ini dilaksanakan di empat pojok desa karena Desa Selobanteng memiliki 4 Dusun yg menurut kepercayaan warga setempat perlu diadakan selamatan agar setiap Warga yg ada di 4 dusun tersebut diberikan keberkahan umur, kesehatan dan hasil tani yg melimpah.

2. Selamatan Ongge’en

Selamatan ONGGE’EN merupakan salah satu tradisi turun temurun yg ada di Desa selobanteng. Kegiatan ini juga dilaksanakan satu tahun sekali dan merupakan rangkaian dari tradisi Selamatan desa selobanteng dimana setiap warga Desa membawa seserahan kebalai Desa selobanteng sebagai ungkapan terima kasih dan juga syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas rezeki yang Allah berikan. Adapun yang penduduk setempat bawa adalah olahan tradisional yaitu dodol dan tettel.

3. Selamatan Toronan

Selamatan TORONAN adalah urutan dari tradisi ONGGE’EN dimana hasil dari Seserahan warga yaitu dodol dan tetel ini setelah dikumpulkan ke desa baru dinaikkan keatas rumah rumahan yang telah disediakan. Setelah itu baru semua warga diminta untuk berkumpul dibalai untuk mengaji bersama, barulah seserahan itu diturunkan lagi untuk sebagian dibagikan ke warga dan sebagian juga dikuburkan.

4. Selamatan Bujuk Burung

Selamatan bujuk burung juga merupakan tradisi yang dilakukan oleh penduduk setempat  untuk mengingat sesepuh atau pembabat Desa Selobanteng. Kegiatan ini merupakan kegiatan tahunan desa. Antusias warga setempat dalam acara ini sangat membantu dalam pelestarian tradisi tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *